Senin, 02 April 2012

CARA MEMBUAT CARICATURE DENGAN MENGGUNAKAN PHOTOSHOP

Pertama tama saya mengucapkan SALAM KENAL kepada Teman teman semua nah pada kali ini saya ingin berbagi Ilmu tentang pembuatan poto menjadi Caricature yang sering kita liat di koran, Buku Komik Pada Tutorial kali  ini saya menggunakan Program Photoshop CS3 untuk membuat Caricature langkah langkahnya sebagai berikut :


Langkah 1
Seperti biasanya kita jalankan Program Photoshop clik file pilih open Load gambar objek kedalam Photoshop.
image ilmugrafis.com
contoh gambar/foto yang akan dijadikan karikatur

Langkah 2
Objek dan Background harus kita pisahkan terlebih dahulu kita harus menghapus area beground. Disini saya menggunakan Tool Extract. Untuk menghapus pada area beground Pilih menu Filter pada menu bar dan pilih  Extract.

Langkah 3
image ilmugrafis.com
Gunakan Edge HighLighter  tool  pada menu bar yang paling atas untuk menyeleksi objek. Sambil menekan Control  pada Keyboard agar seleksi menempel persis pada tepi yang diseleksi.Tool Option.  Brush Size = 20, Highlight = Grend, Fill = Blue. Setelah proses seleksi sudah selesai gunakan Fill tool untuk memblok pada area Objek yang kita seleksi . Akan nampak berwarna biru itulah objek yang diambil Liat gambar (2) jika semua sudah dilakukan lalu Clik OK.

Langkah 4
image ilmugrafis.com
Kira - kira hasilnya seperti gambar di bawah ini. Dan selanjutnya Seleksi di bagian kepala Menggunakan Polygonal Lasso Tool kalo sudah terseleksi tekan Control +J pada Keyboard untuk menggandakan objek hasil seleksi di bagian kepala.

Langkah 5
image ilmugrafis.com
Kemudian Clik Layer kepala hasil duplikat tadi, di sebelah kanan bawah  pada menu layer.Terus tekan Control +T pada keyboard dan perbesar objek kepala liat gambar 01. Lalu Clik layer utama yaitu bagian objek tubuh, terus tekan Control +T lagi lalu perkecil bagian objek tubuh liat gambar 02.


Langkah 6
image ilmugrafis.com
Jika sudah melewati proses langkah 3, 4 dan 5 kemudian pengerjaan Modifikasi objek,Kepala dan tubuh. Pilih Layer Kepala dari hasil duplikat  pada menu layer sebelah kanan bawah setelah itu Clik menu Filter pilih Liquify  lalu pilih Forward dan Geser Pixel, objek sesuai keinginan , Creative masing masing. Setingan Tool Option. Brush Size = 311, Brush Density = 50, Brush Pressure = 100. Gunakan Bloat tool untuk memperbesar bagian mata. Untuk Brush Size nya sesuaikan dengan besarnya objek bola mata. Jika sudah selesai Clik OK.


Langkah 7
Kemudian kerjakan objek tubuh. Clik Layer tubuh pada menu layer sebelah kanan bawah lalu Clik menu Filter lagi dan pilih Liquify. lalu Pilih Forward proses pengerjaanya sama persis seperti pada langkah : 6.  Setingannya pun sama. Kira kira hasilnya seperti pada Gambar 05. Tambahan untuk memperkecil bagian objek bisa juga menggunakan pucker tool.
image ilmugrafis.com


Langkah 8
image ilmugrafis.com
Sekarang tinggal pengerjaan pewarnaan. Untuk langkah awal Clik layer di sebelah kanan bawah pada menu layer pilih objek kepala lalu siapkan Brush tool master diameter 65px dan ubah warna Brush menjadi putih. Opacity 8% dan sapukan di bagian area yang di tentukan , selera masing masing. Contoh: liat gambar di bawah ini. Dan setelah itu rubah warna Brush menjadi hitam dan sapukan di bagian lekukan garis wajah Alis, bulu mata, rambut.


Langkah 9
image ilmugrafis.com
Kemudian kerjakan objek bagian tubuh. Siapkan Brush tool master diameter nya di ubah menjadi 30px dan rubah warna brush menjadi putih Opacity 8% lalu sapukan di bagian area badan, tubuh. Setelah selesai rubah kembali warna Brush menjadi hitam dan sapukan di bagian lengan tangan atau garis lekukan tubuh celana dan sepatu. Selanjutnya rubah kembali warna brush menjadi putih dan sapukan di area celana dari bagian paha sampai kaki.


Langkah 10
(A.) Selanjutnya lakukan Group objek kepala dan objek tubuh dengan tujuan memudahkan proses finising pewarnaan. Caranya : Clik layer kepala lalu tekan shift pada keyboard dan Clik layer tubuh. jika layer kepala dan layer tubuh sudah terseleksi tekan Control+G Pada keyboard.
image ilmugrafis.com
(B.)  Clik layer yang telah di Group tadi terus clik menu Layer di atas pada menu Bar. Lalu pilih New Adjustment Layer dan pilih Posterize atur Level menjadi 75 lalu Clik OK. Terus Clik lagi New Adjustment Layer dan pilih Level dan clik Auto. Lalu Clik lagi New Adjustment Layer dan pilih Curves atur output=140 dan Input= 115 lalu Clik OK.


Langkah 11
image ilmugrafis.com
Berikutnya  Clik objek yang telah di Group. Lalu ubah warna layernya menjadi Overlay .Clik menu layer di sebelah kanan bawah  dan ubah menjadi Overlay. Lalu Opacity turunkan menjadi 80%


Langkah 12
Jika proses pewarnaan sudah selesai load gambar beground ke dalam photoshop tujuanya untuk memberikan beground pada objek. Kemudian Clik layer beground yang baru di load tadi lalu clik move tool dan tarik beground ke dalam objek yang telah di caricaturekan lalu tekan Control +T pada keyboard dan sesuaikan dengan ukuran Canvas frame objek. Setelah itu Clik Layer >> Arrange dan clik send to back. Tujuannya supaya gambar beground berada di posisi paling belakang.


Langkah 13
Beri hiasan pada objek supaya kelihat lebih manis misalanya binatang atau objek  objek benda yang mengandung Vector, berbentuk vector. Lalu Clik File pada menu bar di atas pilih save AS (PSD) dan (JPEG) Tujuan Save AS (PSD) supaya gambar bisa di edit ulang dan di perbaiki.
Hasilnya
image ilmugrafis.com
KArikaTur berGaya Ade Rai...
Terima kasih telah belajar bersama , sampai jumpa lagi di Efek Photoshop lainnya
Semoga bermanfaat.
sumber diambil dari sini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar